Bagaimana jika pulang pergi tersebut yang dimaksud adalah ke daerah pegunungan atau daerah yang banyak tanjakannya? Sementara motor yang ditunggangi tidak kuat nanjak? Waah membahayakan sekali ya apabila kita ke daerah penuh tanjakan, lalu tidak kuat, langsung nyelonong mundur menabrak yang ada dibelakangnya.
Umumnya hal tersebut terjadi pada Motor Tua, atau usianya sudah lebih dari 5 tahunan.
Tapi, untuk mengatasi hal tersebut, anda coba mengaplikasikan hal ini pada motor bebek anda.
Yang pertama coba ganti Gir depan menjadi turun 1 Mata, dan gir depan dinaikan 2-3 Mata. Pada motor Supra misalnya. Komposisi girnya adalah 15-38, coba diturunkan yang depan menjadi 14 (turun 1 mata), dan belakang menjadi 40 (naik 2 mata).
Hal yang dilakukan diatas membuat akselerasi menjadi ringan, dan saat nanjak tenaga akan bertambah, berbeda sebelum dirubah. Tetapi salahsatu resikonya adalah pada saat di jalan datar lurus, topspeed akan berkurang, dan tentu nafasnya jadi pendek, karena gir belakangnya dinaikkan beberapa mata.
Faktor lain yang perlu diperhatikan saat motor tidak kuat nanjak adalah Pada Karburator, Kampas Kopling, dan mangkok Kopling.
-Pada karburator yang kotor dapat menghambat akselerasi dan menurunkan performa, maka dari itu coba bersihkan karburator berikut filternya.
-Kampas kopling yang sudah tipis, atau bahkan hampir tipis memang membuat motor tidak bertenaga sama sekali terutama di posisi Gigi 2-3-4. Coba ganti kampas kopling dengan yang Original bawaan, atau anda juga dapat mengaplikasikan yang Racing Untuk mendapatkan tenaga yang lebih.
-Mangkok Kopling yang sudah kalah tergores, membuat dalamnya menjadi alur-alur dan tipis, ini juga ternyata dapat menurunkan performa motor. Jika anda mempunyai budget yang lumayan, silahkan ganti Mangkok koplingmya, juga tak lupa untuk mengganti Oli ya?
---
KILAS24 (mar)
mantap nih buat ilmu otomotifnya :D
BalasHapusmantep nih, bisa dicoba ntarr.. izin bookmark dulu Oke!!
BalasHapuswah sangat membantu nih
BalasHapus